Mengerti Saja Belum Cukup




Ada seorang ahli taurat bertanya kepada Yesus mengenai hukum yang paling utama. Yesus memberikan jawaban yang tepat sehingga ahli taurat itu menangkap dan mengerti apa yang menjadi jawaban Yesus. Bahkan ahli taurat itu juga menguraikan pengertiannya.


Namun, ternyata mengerti saja belumlah cukup, masih ada tuntutan yang lebih kongkrit dari pengertiannya supaya tidak hanya mengerti tetapi tidak juga memahami. Karena memahami berarti tahu apa yang harus dimengerti dan tahu apa yang harus dilaksanakan.

Mengenai hal itu, Yesus berkata “ Engkau tidak jauh dari kerajaan Allah” (Mrk 12: 34). Tidak jauh artinya belum sampai tujuan. Masih ada sesuatu yang belum terpenuhi. Masih ada sedikit perjalanan yang harus dilalui, yaitu melaksanakan apa yang dimengerti.

Memang, ada banyak orang yang mempunyai pengertian yang cukup bahkan lebih, tetapi hanya sedikit saja yang benar-benar memahami. Artinya, mengerti tanpa melaksanakan. Ada yang karena tidak mau repot, ada yang karena malas, ada juga karena takut menanggung resiko.

Karena iman, orang memang tidak jauh dari Kerajaan Allah. Tetapi harus dingat bahwa sampai pada Kerajaan Allah, masih ada yang harus dilakukan, yang harus diusahakan dan diperjuangkan untuk bisa sampai kepada Kerajaan Allah, yaitu melakukan perbuatan iman.

Demikian juga dengan para remaja yang membutuhkan pendampingan dan pembinaan iman, mereka  membutuhkan rasa aman, kasih sayang dari orang tua, sekolah, kehadiran orang-orang yang mau peduli terhadap perkembangan mereka, merupakan cara yang dapat membantu permasalahan yang sedang dihadapi para siswa menuju pendewasaan iman.

Sehingga, para remaja mengerti dan memahami bahwa tuntutan mereka akan pengertian, pengakuan dari orang tua harus diimbangi dengan kewajiban dan tanggung jawab terhadap orang tua dan masyarakat. Tentu saja disertai motivasi dan prestasi.

Tindakan belajar yang bermotivasi adalah tindakan belajar yang dilakukan siswa karena terdorong oleh kebutuhan yang dirasakan sehingga tindakan tersebut ke arah suatu tujuan yaitu prestasi belajar di sekolah.

Ditulis oleh FX. Budi Prasetyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar